CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 30-12-2021 14:52:30

Qusthul Hindi baru-baru ini mendapatkan kembali popularitasnya di tengah pandemi Covid-19. Ramuan asli Himalaya India ini dikatakan ampuh dalam menangkal virus Covid-19.

Keberadaan obat herbal ini sudah dikenal sejak beberapa abad yang lalu. Meski belum ada temuan medis yang kuat mengenai khasiatnya untuk mengatasi Covid-19.

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, terdapat riwayat yang menjelaskan khasiat tanaman obat yang dapat menyembuhkan tujuh macam penyakit, termasuk yang berhubungan dengan paru-paru. Bahan herbal populer yang dikenal sebagai hindi qustul diperoleh dari Himalaya.

Dalam bukunya Zaad Al-Ma'ad, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan, ada dua macam tumbuhan yang dikenal dengan nama ilmiah Saussurea costus, yang pertama adalah bahry dan yang kedua adalah bahasa Hindi. Yang kedua lebih kuat dan lebih putih dan lebih lembut warnanya. Manfaatnya cukup banyak. Keduanya bisa mengatasi radang, masuk angin.

Bila diminum secara oral bermanfaat untuk mengobati lemah hati dan lambung, dapat juga digunakan sebagai obat demam, radang paru-paru, tetanus, dan juga dapat mengobati keracunan.

Ibnu Qayyim menjelaskan bahwa beberapa dokter pada saat itu menyangkal khasiatnya untuk pneumonia, meskipun mengacu pada pendapat Galen, mereka akan mempertimbangkan kembali pendapat tersebut. Bagaimana mungkin? Dokter telah mengungkapkan khasiat hindi qusthul untuk peradangan akibat infeksi paru-paru di masa lalu.